Senin, 26 Juni 2017

PENGELOLAAN KELAS
Kegiatan untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar efektif di dalam kelas. Para pakar dalam bidang manajemen kelas melaporkan bahwa ada perubahan dalam pemikiran tenntang cara terbaik untuk mengelola kelas. Pandangan lama menekankan pada penciptaan dan pengaplikasian aturan untuk mengontrol tindak tanduk murid. Pandangan yang baru memfokuskan pada kebutuhan murid untuk mengembangkan hubungan dan kesempatan untuk menata diri.

Tujuan Manajemen Kelas:
  • Mewujudkan situasi dan kondisi kelas yang baik
  • Menghilangi hambatan yang dapat menghalangi interaksi
  • Menyediakan dan mengatur fasilitas
  • Membina dan membimbing sesuai dengan latar belakang siswa

Kunci dalam Manajemen Kelas di awal masa sekolah ialah menyampaikan aturan dan prosedur yang digunakan kepada kelas dan menagajak siswa belajar efektif.
Dampak kepada siswa:
  1. Mendorong siswa mengembangkan tanggung jawab
  2. Membantu siswa menampilkan tingkah aku sesuai tata tertib kelas
  3. Menimbulkan rasa kewajiban sesuai dengan aktivitas kelas
  4. Membantu siswa Menghabiskan waktu untuk belajar
  5. Mencegah siswa mengalami problem akademik dan emosional

Bagi Guru:
  1. Mengembangkan pengertian dan kerapian dalam memelihara kelancaran kelas
  2. Memilih kesadaran terhadap kebutuhan siswa dan mengembangkan potensi
  3. Memberikan respon secara efektif.

Strategi yangdilakukan dalam Manajemen Kelas:
  1. Mendesain lingkungan fisik kelas
 

Tip-tip Penataan Kelas
  • Pastikan area ruang kelas didefenisikan dengan baik.
  • Tata jalan tempat lalu-lalang dan tempat penyimpanan.
  • Menata ulang kelasa adalah sesuatu yang menyegarkan. Cari sudut pandang yang berbeda untuk menempatkan orang dan barang.
  • Materi harus disimpan di tempat yang sama sepanjang tahun ajaran.
  • Kelas harus terang dan menyenangkan dengan banyak materi dan kenangan sekolah yang bisa dibaca dan dilihat siswa.
  • Meletakkan meja dan podium si satu sudut depan kelas.
  • Saat menjalin kontak dengan setiap siswa terkadang berjalan mengelilingi kelas, selalu memastikan guru bisa ditatap siswa saat mengajukan pertanyaan.
  • Membuat area kecil dimana semua siswa dapat duduk di satu kelompok, member siswa kesempatan untuk berkembang dan mendorong pembelajarann mata pelajaran tertentu.

  1. Menciptakan lingkungan yang positif
  • Gaya manajemen kelas otoritarian adalah gaya yang restriktif dan punitif. Fokus utamanya adalah menjaga ketertiban di kelas, bukan pada pengajaran dan pembelajaran.
  • Gaya manajemen kelas yang permisif member banyak otonomi pada murid tapi tidak memberi banyak banyak dukungan untuk pengembangan keahlian pembelajaran atau pengelolaan perilaku mereka.
  1. Membangun dan menegakkan aturan
  2. Mengatasi problem secara efektif
  3. Menggunakan strategi komunikasi
  • Menggunakan tata bahasa dengan benar
  • Memilih kosakata yang gampang dipahami dan tepat bagi level kelas siswa
  • Menerapkan strategi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami apa yang dikatakan, seperti menekankan pada kata-kata kunci, mengulang penjelasan, atau memantau pemahaman siswa
  • Berbicara dengan tempo yang tepat, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat
  • Tidak menyampaikan hal-hal yang kabur
  • Menggunakan perencanaan dan pemikiran logis sebagai dasar untuk berbicara secara jelas dikelas

  1. Mengelola aktivitas kelas secara efektif
  • Menunjukkan seberapa jauh siswa “mengikuti”
  • Atasi situasi tumpang-tindih secara efektif
  • Menjaga kelancaraan dan kontinuitas pelajaran
  • Libatkan siswa dalam berbagai aktivitas yang menantang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

About me

Pages

Flickr Images

Like us on Facebook